Dahsyatnya delapan makna doa duduk diantara dua Sujud

oleh -3148 Dilihat
oleh

TAGARISLAM,-.Mari kita baca dan resapi lagi doa duduk diantara dua sujud yang lagi yang maknanya sangat dahsyat dan luar biasa sekali. Ketika orang ditanya, “do’a apakah yang paling sering dibaca oleh seorang muslim?”. Begitu seringnya do’a itu dibaca, sehingga ketika sedang membaca do’a banyak yang tidak merasa berdo’a.

Padahal doa itu sangat dahsyat sekali maknanya, mencakup kebutuhan kita baik di dunia ataupun di akhirat.

Mari kita renungi makna dibalik do`a diantara dua sujud ini,

رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

Robbigh firlii warhamnii wajburnii warfa`nii warzuqnii wahdinii wa`aafinii wa`fu `annii.

Artinya: ”Ya Tuhanku ! Ampunilah Aku, Kasihanilah Aku, Cukupkanlah ( Kekurangan )-Ku, Angkatlah ( Derajat )-Ku, Berilah Aku Rezki, Berilah Aku Petunjuk, Berilah Aku Kesehatan Dan Maafkanlah ( Kesalahan )-Ku.”

رَبِّ اغْفِرْلِيْ

ROBIGHFIRLII
Ya Tuhanku, ampunilah dosaku.
Dosa adalah beban, yang menyebabkan kita berat melangkah menuju keridhoan Allah SWT. Dosa adalah kotoran hati yang membuat hati kelam sehingga hati kita akan merasa berat untuk melakukan kebaikan.

وَارْحَمْنِيْ

WARHAMNII
Sayangilah diriku.
Kalau kita disayang Allah hidup akan terasa nyaman, karena dengan kasih Sayang akan tercapai semua cita-cita (harapan) kita. Dengan kasih Sayang Allah nafsu kita akan terbimbing.

وَاجْبُرْنِيْ

WAJBURNII
Tutuplah segala kekuranganku.

Banyak sekali kekurangan kita, kurang syukur, kurang sabar, kurang bisa menerima kenyataan, mudah marah, pendendam dll. Kalau kekeurangan kita ditutup/diperbaiki Allah , maka kita akan menjadi manusia sebenarnya.

وَارْفَعْنِيْ

WARFA’NII
Tinggikanlah derajatku.

Kalau Allah sudah meninggikan derajat kita, maka pasti tidak ada manusia yang bisa menghinakan kita.

وَارْزُقْنِيْ

WARZUQNII
Berikanlah aku rizki.

Sebagai hamba Allah kita membutuhkan rizki. Allah mampu mendatangkan rizki dari arah yang tak terduga dan tanpa perhitungan.

وَاهْدِنِيْ

WAHDINI
Berikanlah aku petunjuk/bimbinglah aku ke jalan kebahagiaan.
Kita tidak hanya minta petunjuk/hidayah yang berkaitan dengan agama. Tetapi kita juga minta petunjuk agar terhindar dari mengambil keputusan yang salah.

وَعَافِنِيْ

WA’AAFINII
Berikanlah aku kesehatan.

Apabila kita sehat kita bisa menambah kebaikan dan manfaat serta tidak menjadi beban orang lain.

وَاعْفُ عَنِّيْ

WA’FUANNII
Aku mohon agar kesalahanku dihapus dari catatan.

Dari doa tersebut diawali do’a dengan mohon ampun dan kita akhiri dengan permohonan ampunan utk menghapus dosa. Sehingga kita benar-benar bersih.

Allah SWT memerintahkan kepada kita untuk membaca doa tersebut, dan Nabi Muhammad SAW mencontohkan kepada kita, menurut logika do`a tersebut pasti Allah akan mengabulkannya.

Juga terkadang menjadi persoalan dimana hati dan pikiran kita ketika membaca doa itu ? mungkin  kita tidak hafal arti dan maknanya.

Padahal dahsyat sekali doa tersebut, dan masih banyak orang sering tergesa-gesa membaca doa ini yang seharusnya tuma’ninah dengan meresapi dan benar-benar meminta kepada Allah SWT. Marilah kita resapi serta tuma’ninah membacanya.

Semoga kita semua mendapatkan dasyatnya doa ini. Aamiin

 

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.