, ,

Pemeriksaan Kesehatan Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK)

oleh -1284 Dilihat

Tina Lesmanawati, S.Pd.

 

Alhamdulillah, Rabu, 17 Maret 2023, telah terlaksana kegiatan Pemeriksaan Kesehatan: Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK). Kegiatan dilaksanakan di TK Assalaam dan bekerjasama dengan Puskesmas Pasundan. Pemeriksaan kesehatan secara rutin pada anak sangat penting untuk memantau tumbuh kembang mereka. Salah satu jenis pemeriksaan yang sering dilakukan adalah Deteksi Tumbuh Kembang (DDTK). DDTK adalah proses evaluasi yang dilakukan oleh tenaga medis atau profesional kesehatan lainnya untuk menilai perkembangan fisik, mental, emosional, dan sosial anak.

DDTK bertujuan untuk mendeteksi masalah perkembangan yang mungkin dialami oleh anak sejak dini. Dalam pemeriksaan ini, berbagai aspek tumbuh kembang diperiksa, seperti kemampuan motorik, kemampuan bicara, kognisi, dan perilaku sosial. Dengan melakukan DDTK secara teratur, orang tua dan tenaga medis dapat mengidentifikasi potensi masalah kesehatan atau perkembangan pada anak, sehingga tindakan yang tepat dapat diambil untuk membantu anak mencapai potensi optimalnya.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Deteksi Tumbuh Kembang (DDTK) sangat penting:

  1. Mendeteksi dini masalah kesehatan: DDTK membantu dalam mendeteksi dini masalah kesehatan yang mungkin dialami oleh anak. Misalnya, melalui pemeriksaan fisik dan pengamatan perilaku, dokter atau profesional kesehatan dapat mendeteksi kelainan perkembangan, gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, atau masalah kesehatan lainnya yang dapat mempengaruhi perkembangan anak.
  2. Intervensi lebih awal: Jika masalah kesehatan atau perkembangan terdeteksi pada tahap awal, intervensi dapat dilakukan lebih cepat. Ini penting karena sebagian besar masalah perkembangan dapat diatasi atau dikelola lebih baik jika ditangani sedini mungkin. DDTK membantu mengidentifikasi anak-anak yang membutuhkan intervensi atau terapi tambahan untuk mendukung perkembangan mereka.
  3. Menyediakan pedoman bagi orang tua: DDTK memberikan pedoman dan informasi kepada orang tua tentang apa yang dapat mereka harapkan dalam tumbuh kembang anak mereka. Ini membantu orang tua memahami tahapan perkembangan yang normal dan memberikan kesadaran jika ada perbedaan atau keterlambatan dalam perkembangan anak mereka.
  4. Mendukung keputusan pendidikan: Hasil DDTK dapat membantu dalam pengambilan keputusan pendidikan anak, terutama dalam hal penempatan di sekolah atau program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan mereka. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan perkembangan anak, pendidikan yang disesuaikan dapat disediakan.
  5. Pencegahan dan promosi kesehatan: DDTK tidak hanya fokus pada deteksi masalah, tetapi juga memainkan peran penting dalam pencegahan dan promosi kesehatan. Selama pemeriksaan, anak-anak dapat diberikan imunisasi, nasihat gizi, dan informasi tentang kebiasaan

TK Assalaam selalu berkomitmen untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan DDTK, pada setiap semesternya. Dengan melakukan Pemeriksaan Kesehatan berupa DDTK, diharapkan orangtua, guru dan sekolah mendapatkan informasi kesehatan menyeluruh dan juga dapat melakukan intervensi secepatnya. TK Assalaam, TK Islami Berkarakter yang fokus dalam mewujudkan anak sehat, cerdas, soleh dan berakhlak mulia denganĀ  mengusung Islamic Character Building, TK Assalaam, siap menjadi mitra pendidikan Ananda.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.