,

Pentingnya Memberikan Sarapan Sehat kepada Anak agar Siap Beraktivitas Sehari Penuh

oleh -15 Dilihat

Tina Lesmanawati, S.Pd.

 

Rabu, 8 Mei 2024, telah terlaksana kegiatan “Sarapan Sehat bersama PUCK di TK Assalaam”. Kegiatan yang disponsori oleh Selai Keju Oles PUCK terlaksana dengan lancar. 

 

Sarapan merupakan salah satu waktu makan yang paling penting, terutama bagi anak-anak. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan mereka, anak-anak memerlukan asupan gizi yang cukup untuk mendukung aktivitas fisik dan mental sepanjang hari. Sarapan sehat membantu anak memulai hari dengan energi yang optimal, meningkatkan konsentrasi di sekolah, serta memperbaiki mood dan perilaku.

Manfaat Sarapan Sehat bagi Anak

  1. Sumber Energi yang Optimal: Setelah berjam-jam tanpa asupan makanan saat tidur malam, sarapan memberikan energi yang diperlukan untuk memulai hari. Anak-anak yang sarapan cenderung memiliki lebih banyak energi untuk bermain dan belajar.
  2. Meningkatkan Konsentrasi dan Prestasi Akademik: Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang rutin sarapan sehat memiliki daya konsentrasi yang lebih baik dan kinerja akademik yang lebih tinggi. Nutrisi yang tepat membantu otak bekerja lebih efisien.
  3. Mencegah Obesitas: Sarapan yang sehat membantu mengatur nafsu makan sepanjang hari dan mencegah makan berlebihan. Anak yang melewatkan sarapan cenderung mengkonsumsi camilan yang kurang sehat dan berkalori tinggi di siang hari.
  4. Memperbaiki Mood dan Perilaku: Anak-anak yang sarapan cenderung memiliki mood yang lebih stabil dan perilaku yang lebih baik. Nutrisi yang cukup membantu mengurangi risiko iritabilitas dan kelelahan.

5 Referensi Makanan Sehat untuk Sarapan Anak

  1. Oatmeal, Buah Segar dan selai Keju: Oatmeal adalah sumber serat yang baik, membantu menjaga perut kenyang lebih lama. Tambahkan buah segar seperti pisang, stroberi, atau blueberry untuk menambah rasa manis alami dan vitamin. Berikan kejutan special dengan memberikan selai keju PUCK.
  2. Yogurt, Granola dan Madu: Yogurt mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan. Campurkan dengan granola dan sedikit madu untuk menambah rasa dan tekstur, serta memberikan energi yang bertahan lama.
  3. Roti Gandum, Telur dan Alpukat dengan selai keju: Kombinasi protein dari telur dan lemak sehat dari alpukat memberikan energi yang stabil dan kenyang lebih lama. Roti gandum utuh menambah serat yang baik untuk pencernaan. Lengkapi dengan selai keju oles PUCK yang rasanya special.
  4. Smoothie Buah dan Sayur: Buat smoothie dari campuran buah seperti mangga, bayam, dan susu almond. Smoothie ini kaya akan vitamin dan mineral, serta mudah dikonsumsi oleh anak-anak yang mungkin tidak terlalu suka makan sayur secara langsung.
  5. Pancake Pisang, Oat dengan selai Keju: Ganti tepung terigu dengan oat yang dihaluskan dan tambahkan pisang untuk memberikan rasa manis alami. Pancake ini lebih kaya serat dan protein dibandingkan pancake biasa, membantu anak tetap kenyang lebih lama. manis pisang dan energi dari oat akan semakin nikmat dengan olesan selai keju PUCK tentunya.

 

Memberikan sarapan sehat kepada anak bukan hanya sekedar kebiasaan baik, tetapi juga investasi jangka panjang untuk kesehatan dan keberhasilan mereka. Dengan memilih makanan yang tepat, orang tua dapat membantu anak memulai hari dengan baik, siap menghadapi tantangan, dan beraktivitas dengan penuh semangat. Ingatlah bahwa kebiasaan makan yang baik dimulai dari rumah, dan sarapan sehat adalah langkah pertama yang penting untuk mencapainya.

 

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.